Kamis, 03 Maret 2016

TUGAS AKHIR LINGKUNGAN BISNIS (KARYA ILMIAH)



TOKO SEPATU 



Abstrak

Pengertian :
TOKO SEPATU adalah tempat dimana kita bias menemukan bermacam alas kaki, mulai dari sandal, sepatu, sepatu kets, sepatu high heels, sepatu olah raga, dan lain-lainnya.mesaki naman nya toko sepatu, tapi umumnya memang bukan bukan hanya sepatu yang
dijual, melainkan berbagai jenis alas kaki yang banyak dicari orang.

Pembahasan  (isi)

SEJARAH SINGKAT
Dari lukisan Mesir Kuno di Thebes, Mesir diketahui bahwa orang Mesir sudah mengenakan alas kaki sekitar abad ke-15 SM. Dalam lukisan digambarkan pengrajin yang duduk di kursi pendek. Seorang pengrajin sibuk bekerja membuat sandal, sedangkan seorang lagi sedang menjahit sepatu. Sandal dibuat dari bahan-bahan seperti kain, daun palem, papirus, kulit, atau bahan serupa yang dianyam.
Bagi orang Yunani dan Romawi kuno, alas kaki merupakan salah satu gaya busana yang elegan. Sandal yang disebut baxa atau baxea dibuat dari anyaman daun palem. Pemakainya adalah kalangan bawah seperti filsuf dan pendeta. Apuleius menulis bahwa pendeta muda memakai sandal dari daun palem seperti yang dikenakan orang Mesir. Pengrajin sandal disebut baxearii atau solearii. Alas kaki ringan yang dipakai di dalam rumah disebut solea , sedangkan sepatu (calceus) dipakai di luar rumah. Alas kaki yang menutupi bagian atas kaki disebut soccus, dan dikenakan di dalam rumah seperti slipper (selop) dalam kebudayaan Barat. Sepatu bot bertali yang memperlihatkan seluruh jemari kaki disebut cothurnus. Bagian alas (sol) cothurnus sering dibuat tebal dengan sisipan gabus. Pemakainya adalah penunggang kuda, aktor drama tragedi, pemburu, dan bangsawan yang ingin tampak lebih tinggi dan gagah.
·         Sepatu adalah suatu jenis alas kaki (footwear) yang biasanya terdiri bagian-bagian sol, hak, kap, tali, dan lidah. Biasanya juga terbuat dari kanvas atau kulit yang menutupi semua bagian mulai dari jari jemari, punggung kaki hingga bagian tumit. Pengelompokkan sepatu biasanya dilakukan berdasarkan fungsi atau tipenya, seperti sepatu resmi (pesta), sepatu santai (kasual), sepatu dansa, sepatu olahraga, sepatu kerja, sepatu ortopedik dan sepatu minimalis.
Satuan untuk ukuran sepatu mengikuti beberapa standar dan berbeda di bagian-bagian dunia. Pengukuran ukuran sepatu seseorang biasanya dilakukan dengan menggunakan piranti Brannock.
Ø  Jenis-Jenis Sepatu Pria Untuk Tampilan Smart dan Casual:

1.       Sepatu Kulit Brogue Warna Cokelat (Brown Leather Brogue)


Berasal dari Irlandia dan Skotlandia yang pada mulanya adalah sepatu untuk kondisi tanah basah dan berlumpur atau rawa, kini brogue sudah menjadi sepatu pria yang banyak dipakai. Kata “brogue” sendiri berasal dari bahasa Inggris di sekitar abad ke-16. Kata tersebut berasal dari bahasa Irlandia Kuno “bróg” yang akarnya berasal dari bahasa Norwegia Kuno yaitu “brók” yang berarti penutup kaki.
Yang unik dari brogue adalah fleksibilitas dan kegunaannya. Desain yang berlubang pada bagian atasnya, yang disebut “brogueing”, memberikan karakter yang berbeda dari jenis sepatu pria lainnya. Agar mudah untuk mencocokan brogue dengan koleksi pakaian, disarankan untuk memilih brogue kulit tradisional berwarna cokelat lengkap dengan alas atau sol karetnya.

2.      Sepatu Kulit Oxford Warna Hitam (Black Leather Oxford)


Sepatu Oxford muncul pertama kali di Skotlandia dan Irlandia yang biasanya disebut Barmorals. Sepatu ini kemudian meraih popularitas di Universitas Oxford pada tahun 1800 hingga akhirnya memperoleh sebutan yang sama dengan nama universitas tersebut.
Bentuknya yang sederhana dan permukaannya yang mulus membuat sepatu Oxford merupakan sepatu wajib jika ingin berpenampilan klasik dan resmi. Sementara banyak variasi dengan desain klasik di masa kini, disarankan para pria memilih sepatu kulit model Oxford berwarna hitam dengan cap toe sebagai koleksi wajib. Sepatu model ini dinilai sangat sempurna untuk melengkapi penampilan formal mulai dari tuxedo untuk kesempatan pesta hingga penampilan rapi untuk wawancara pekerjaan yang penting.

3.      Sepatu Suede Loafer


Sepatu loafer dikenal juga dengan nama slip-on atau slipper dengan konstruksi mocassin. Awalnya jenis sepatu ini didesain atas pesanan Raja George VI sebagai sepatu rumah, dibuat oleh Raymond Lewis Wildsmith dengan nama “Wildsmith Loafer”. Tapi kemudian meluas dan memiliki beragam variasi. Puncaknya sepatu ini meraih ketenaran di awal tahun 1960an dan ditemukan dipakai oleh musisi Miles Kane hingga Pangeran Charles.
Didesain tanpa tali dan elegan, loafer merupakan sepatu yang gampang dan serba guna dengan gaya yang dipengaruhi oleh kerajaan dan pemberontakan sejak pertengahan abad ke-19. Seperti halnya sepatu brogue, loafer sangat cocok dengan gaya smart dan smart-casual.

4.      Sepatu Kulit Low Top Trainer Warna Putih


Sneaker tidak lepas dari para pria, dan barangkali sepatu jenis ini adalah yang paling populer. Jika pandai memadu padankan pakaian dan sneaker, maka akan berakhir dengan gaya yang keren, dan jika tidak pandai maka akan terjadi ketidakcocokan nada antara pakaian dan sepatu.
Awalnya sneaker bernama ‘plimsoll’ di tahun 1870an yang kemudian meluas dan dipakai untuk bepergian saat liburan dan para olahragawan terutama tenis dan croquet. Plimsoll kemudian mengalami pembaharuan dan perbaikan hingga diciptakannya sepatu lari. Sepatu olahraga kemudian mendapat tempat di Amerika Serikat dan mendapat sebutan ‘sneaker’ di abad ke-20.

5.      Sepatu Boot Kulit Bertali

Sepatu pria jenis boot tidak hanya milik para koboy dan para hiker saja karena kini boot diciptakan dengan beragam variasi bentuk dan dapat menambah tingkat kekerenan seseorang. Sepatu boot ternyata telah dipakai manusia sekitar tahun 1000 SM. Salah satu jenis boot yaitu ankle boot, boot yang menutupi hingga mata kaki, yang terbuat dari kulit halus masuk ke Tiongkok, India, dan Rusia sekitar tahun 1200 hingga 1500 oleh para pasukan Mongol.
Salah satu jenis boot yang disarankan dimiliki oleh pria adalah sepatu boot yang tidak terlalu panjang dan tidak terlalu pendek, dan bertali agar tidak kehilangan kesan klasik. Sepatu boot yang ideal yaitu sepatu boot dengan 8 pasang lubang tali. Sepatu ini cocok dipakai saat hari kerja maupun saat weekend disertai dengan t-shirt dan jeans. www.amikom.ac.id

Referensi:
..\web\toko sepatu\5 Jenis Sepatu Pria Untuk Tampilan Smart dan Casual - 4muda.com.htm

Tidak ada komentar:

Posting Komentar