Kamis, 03 Maret 2016

TUGAS AKHIR LINGKUNGAN BISNIS (KARYA ILMIAH)




Usaha jasa jahitan





Abstrak
Pakaian merupakan salah satu kebutuhan manusia yang paling mendasar selain pangan dan papan. Seiring dengan semakin majunya peradaban manusia yang memfungsikan pakaian bukan sekedar sebagai penutup badan atau aurat namun juga sebagai sarana menghias diri sehingga orang tidak akan puas memiliki satu dua pakaian namun juga banyak pakaian yang
bagus meski pakaian lama masih layak pakai.
Nah Usaha Jasa Jahitan Disini bias membuat pakaian, mengecilkan baju yang kebesaran atau sekedar memasang atribut pakaian resmi lebih tepat nya VERMAK PAKAIAN.
MENGAPA SAYA MENGAMBIL JUDUL USAHA INI??? Karena usaha ini tidak terikat jam kerja,usaha kecil-kecilan atau usaha rumahan ini bisa di kerjain kapan pun yang penting bisa selesai tepat waktu.
Pembahasan (isi)
Bisnis usaha jasa jahitan rumahan ini tidak membutuhkan modal yang cukup besar,memulai bisnis dengan menjahit pakaian atau baju ini dapat dilakukan dengan cara di bawah ini :
Siapkan Modal
Hampir semua bisnis membutuhkan yang namanya modal. Modal untuk menerjuni bisnis menjahit ialah alat atau peralatan yang digunakan dalam menjahit. Untuk menjalankan bisnis menjahit membutuhkan beberapa perlatan baik berupa mesin jahit, meteran, jarum, benang, gunting dan lainnya. Persiapan alat menjahit memang penting, dimana menjahit membutuhkan kompenen tersebut agar lebih maksimal. Untuk menyediakan beberapa peralatan dapat dilakukan dengan membelinya ke toko penyedia alat menjahit.
Miliki Keahlian Dalam Menjahit
Untuk menerjuni bisnis menjahit memang suatu skill atau keahlian dalam menjahit sangat penting diperlukan. Anda haruslah pandai dalam menjahit pakaian sehingga hasil pakaian yang dijahit lebih bagus dan meuaskan konsumen. Jika Anda tidak tahu cara menjahit, maka Anda data mengikuti kursua untuk menjahit. Jika bakat dan hobi Anda yakni senang menjahit maka kembangkan terus bakat Anda.
Lakukan Beberapa Persiapan
Beberapa persipaan yang bisa Anda lakukan dalam menerjuni bisnis menjahit diantaranya adalah:
  • Miliki kesabaran dalam menjahit. Kesabaran memang penting dimiliki seorang penjahit, dimana proses menjahit banyak menyita waktu dan dibutuhkan ketelitian lebih detail. Seorang penjahit professional dituntut untuk sabar dan teliti dalam membuat bajunya.
  • Miliki ketekunan dan kerja keras. Dalam menjahit pakaian tidak ada kata pantang menyerah, dimana membuat baju dibutuhkan kerja keras mulai dari pembuatan pola hingga tahap akhirnya.
  • Ciptakan ide-ide yang kreatif. Sebuah ide kreatif dibutuhkan agar hasil desain pakaian yang ada tak membuat pelanggan merasa bosan. Berikan sentuhan gaya baru yang tentunya meraik dan berbeda dari biasanya. Dapat pastikan pula jahitan yang dihasilkan memuaskan bagi konsumen.
  • Cari referensi tempat berbelanja bahan. Mencari tempat berbelanja bahan-bahan dalam menjalankan bisnis menjahit sangat penting diperlukan dimana Anda dapat menyediakan bahan dengan harga murah juga kualitas bagus.
Cari Konsumen Menjahit
Konsumen memiliki peran penting dalam bisnis menjahit. Cari konsumen dengan target yang Anda pilih. Mungkin Anda dapat menjalankan bisnis menjahit khusus untuk pakaian hijaber sehingga target konsumen Anda adalah wanita-wanita muslim yang suka menggunakan hijab baik itu pelajar, mahasiwa atau ibu rumah tangga. Selai itu bisa pula menjalankan bisnis menjahit khusus seragam sekolah. Sehingga target pemasaran adalah anak-anak sekolah yang ingin menjahitkan pakaian seragamnya.
Mulai Untuk Menjahit
Apabila dalam memulai usaha menjahit, Anda masih belum memiliki rasa percaya diri maka dapat melakukan berbagai cara-cara berikut ini :
  • Awalilah dengan mulai menjahit potongan-potongan kain yang tidak berguna dengan berbagai pola sederhana.
  • Mulai untuk menjahit pakaian keluarga, Anda dapat membuat baju anak Anda.
  • Belajarlah dengan orang yang ahli dalam bidang menjahit, dengan begitu Anda dapat belajar lebih dalam mengenai cara-cara dalam menjahit.
Promosi Atau Pemasaran
Jika Anda telah siap untuk menjalankan bisnis menjahit, maka lakukan berbagai promosi. Promosi dalam bisnis menjahit bisa dilakukan dari mulut ke mulut. Mulailah mempromosikan bisnis menjahit Anda kepada keluarga, teman, tetangga dan lainnya. Dari situlah nantinya Anda dapat membangun sebuah jalinan bisnis yang kuat. Jika hasil jahitan Anda bagus dan memuaskan maka promosi akan berjalan dengan sendirinya. Bias dipastikan pula jumlah orderan Anda akan meningkat. Selain itu promosi bisa dilakukan dengan mendatangi berbagai instansi baik milik pemerintah atau swasta yang membutuhkan jasa pembuatan baju atau seragam dalam jumlah yang besar. Serta bisa pula mempromosikan bisnis menjahit ke berbagai mesis sosial.
Jaga Selalu Kepuasan Dan Kepercayaan Konsumsn
Peran kosumen memang sangat besar pengaruhnya dalam bisnis menjahit. Pastikan agar kepercayaan atau kepuasan konsumen bisnis menjahit tidak pernah berukuran atau pudar. Utamakan untuk selalu menjaga kualitas dan memperhatikan hasil jahitan yang bagus, rapi dan cantik. Selain itu pemberian layanan baik mulai dari pengukuran dan fitting buat dengan hasil yang memuaskan. Dan jangan pernah membuat pelanggan bisnis menjahit menjadi kecewa. www.amikom.ac.id

Referensi:






Tidak ada komentar:

Posting Komentar